KAMPAS REM PERFORMANCE TURUN KETIKA PANAS


Pemilik kendaraan berperfomance tinggi biasanya beruntung karena kendaraannya dilengkapi dengan system pengereman yang berperformance tinggi pula. Rem juga memiliki batas-batas termal. Batasan ini tergantung pada jumlah energi panas komponen rem yang tercipta dan panas yang harus dilepas atau dibuang. Ini tergantung pada rata rata penurunan kecepatan dan atau jumlah pengerman pada saat kecepatan tinggi. Sementara persediaan kampas rem secara lengkap tersedia di market.mungkin berlimpah untuk pengereman kondisi normal, bahkan untuk street driver yang suka ngebut, ini sama dengan rem yang digunakan dalam track ( arena balap) atau di kondisi high performance dapat mencapai batas-batas temperatur pengereman secara cepat, terutama ketika mesin dimodifikasi untuk meningkatkan akselerasi kendaraan. Batasan ini adalah hasil dari brake fade (berkurangnya daya pengereman ) dalam satu bentuk fading atau lain.

Brake Fade ( berkurangnya daya pengereman).
Hilangnya efektivitas pengeremankarena Brake fade, Ini adalah masalah utama yang merupakan salah satu pengalaman selama pemakaian pengereman ber kinerja tinggi ( sering ngerem dengan kecepatan tinggi ) . Gejala berkisar dari berkurangnya efektivitas pengereman sampai rem tidak berfungsi lagi atau blong , kadang-kadang akan menghasilkan kecalakaan yang fatal. Ada tiga jenis brake fade yang terjadi selama kita sedang mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi.


1.Pad fade : berkurangnya daya pengereman karena brake pad nya.


2.Green fade:berkurangnya daya pengereman karena kampas rem masih baru.

3.Fluid fade: berkurangnya daya pengereman karena minyak rem.





1.Pad Fade.

Pad Fade dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Semua bahan kampas rem  memiliki kurva koefisien gesek  yang berhubungan dengan suhu. Bahan baku kampas rem dirancang untuk bekerja pada suhu optimum ketika koefisien  gesek kampas rem  adalah yang tertinggi.


Ketika rem terlalu sering  digunakan, jika bahan pad tidak sesuai  untuk suhu yang tinggi maka  koefisien  gesek (daya pengereman ) akan menurun. Bahan kampas rem itu  berbeda, dan dengan suhu cukup material dari kampas rem dapat mencair  dan menyebabkan koefisien gesek ( daya pengereman ) akan secara cepat  akan menurun . material akan mencair sesuai dengan titik leleh material  tersebut dan/atau mengubah karakteristik gesekan dan menyebabkan efek  pelumasan.

Ketika suhu meningkat, material dari kampas rem dapat mencair dan resin  yang mengikat material dari kampas rem dapat menguapd dan meng hasilkan  gas.  Gas Akan menguap ini mencegah kontak secara langsung dengan rotor  yang, pada gilirannya, mengurangi gesekan.


Beberapa pad bahan perubahan  perlahan-lahan pada suhu tinggi sementara bahan lainnya bereaksi dengan  tiba-tiba dan mengakibatkan hilangnya gesekan kampas rem dengan rotor  sehingga akan membahayakan kendaraan. Hasilnya adalah rotor dan kampas  rem akan menjadi mengkilap atau glazing.

Bagaimana Cara untuk mengurangi Pad fade ?
Menggunakan kampas rem yang tahan terhadap suhu yang tinggi dan memiliki koefisien gesek yang tinggi (daya gesek yang tinggi)


Ada empat jenis dasar kampas rem. Diurutkan menurut efektivitas pengereman dari mengemudi normal untuk mengemudi agresif:


1.Organik: Biasanya cokelat muda ke cokelat.


2.Semi-Metallic : tan  ringan dengan logam ke abu-abu gelap


3.Fully metalik :Abu-abu gelap ke hitam


4.Karbon : Abu-abu gelap Ke  hitam

Ada trade-off di sini. Bahan rem kurang agresif mungkin baik-baik saja  untuk mengemudi jalan normal  tapi mungkin tidak efektif untuk berhenti  berulang-ulang dari kecepatan tinggi. Bahan rem agresif yang mungkin  tidak efektif ketika rem tidak sampai suhu optimal  yang mengakibatkan  hilangnya effektivitas pengereman saat untuk  mengemudi kondisi sttreet  driver  tetapi mungkin hanya sesuai untuk pengereman berulang-ulang dari kecepatan tinggi.



2.Green Fade


Ini adalah jenis brake fade yang disebabkan oleh Pengereman secara keras ( hard braking ) pada kampas rem yang  relatif baru. Dengan kampas rem  baru , resin yang mengikat material kampas rem akan "out-gas" pada  temperatur yang relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh kampas rem   tidak "bedding"(seluruh permukaan kampas rem belum menyentuh ke  permukaan rotor) daripada disebabkan oleh peningkatan suhu  pengereman.Green Fade biasanya terjadi jauh lebih awal dibandinding  normal pad fade.Green fade  dapat terjadi bahkan setelah mengganti rem  dan mengemudi secara normal setelah ratusan km.


Awal  pengereman secara  agresif dapat mengakibatkan hilangnya gesekan.

Cara untuk menghilangkan green fade.
"bedding" atau "breaking -in" kampas rem akan menghilangkan Green Fade.  Bedding lah kampas rem  secara benar dan tepat., tanpa pemanasan yang  tinggi pada material pad akan menguapkan resin. Biasanya dianjurkan  untuk bedding in brake pads baru untuk rotor yang sudah terpakai atau  lama. Rotor yang sudah tua cenderung memiliki dimensi yang lebih stabil. 

Kampas rem bedding -in lebih cepat jika rotor tidak mengkilap. Memecah  permukaan rotor yang mengkilat lakukan pengampelasan pada permukaan  rotor dengan amplas grit 200. Seperti dengan semua kampas rem yang  baru diinstal, menginjak rem untuk memverifikasi permukaan kampas rem  menyentuh sempurna pada permukaan rotor sebelum Anda benar-benar harus  menghentikan mobil. Beberapa produsen memiliki petunjuk cara untuk  bedding ,


Berikut ini adalah satu prosedur bedding:


a.jalankan kendaraan  dengan kecepatan sekitar 50 mph, menerapkan rem  sambil gunakan throttle untuk mempertahankan kecepatan kendaraan. Tarik  rem selama sekitar 8-10 detik, kemudian melepaskan mereka.


b.kendarain kendaraan  untuk sekitar satu menit untuk memungkinkan rem  untuk dingin kembali. kemudian tarik rem lagi untuk lain 15-20 detik.  Rem mungkin mulai berasap dan efisiensi pengereman dapat menurunkan  sedikit (Green Fade).


c.Kendarai kendaraan  untuk satu menit untuk mendinginkan rem, kemudian tarik rem selama sekitar 25-30 detik.

d.Kendarai kendaraan  untuk beberapa menit untuk mendinginkan rem.

e.Ulangi proses 2 - 3 kali.


3.Brake Fluid Fade.

Fluid fade disebabkan oleh minyak rem yang terlalu panas. Energi yang  dikonversi selama pengereman menciptakan panas luar biasa yang harus  dihandle  oleh rotor, body caliper , kampas rem dan minyak rem. Komponen kampas rem bertindak sebagai heat absorber karena mereka menyerap panas gesekan yang dihasilkan dari pengereman. Fluid fade dapat terjadi  secara bertahap sebagai agibat dari komponen kampas rem yang mulai  memanas, terutama selama pengereman berulang-ulang dari kecepatan  tinggi. Panas yang dihasilkan oleh gesekan harus dibuang ke lingkungan  sekitar.
Ketika cairan mencapai temperatur kritis, mendidih. minyak rem  biasanya  mendidih di sekitar 400ºF, yang terbaik stabil hingga 500ºF dan lebih  tinggi. ketika rem cairan mendidih, gelembung udara diciptakan. minyak  rem  dalam sistem tertutup tidak dikompresi. Namun, udara dapat  dikompresi dan rem pedal dan master traveller silinder habis mengompresi udara. Dengan adanya gelembung udara akan mengkibatkan pedal atau  handle rem jadi blong.

Karena minyak rem higroskopis , cairan  (atau lebih tepatnya air di  dalamnya) akan mendidih pada temperatur rendah. Ini adalah alasan utama  untuk mengubah cairan interval waktu yang ditentukan.

Cara untuk mengurangi Fluid Fade.
Brake fluid fade dapat dihindari dengan menggunakan minyak rem yang  baru, minyak rem yang heavy duty(Motul, Castrol SRF, AP600, dll yang  umumnya digunakan di mobil.). Menggunakan fluida rem dengan kadar air yg rendah  dan kering, dan memiliki boiling point yang tinggi.

Untuk kendaraan yang digunakan untuk street driver , mengganti cairan  setiap tahun dan top up menggunakan minyak rem baru yang masih tertutup  dengan segel.. Pada kendaraan balap, ganti minyak rem dan melakukan  bleeding pada  sistem pengereman sebelum setiap perlombaan. Jadwal ini  meminimalkan keberadaan air (dan korosi) dalam sistem rem,  mempertahankan titik didih yang tinggi pada minyak rem akan membantu

Related Post

UJI COBA KAMPAS REM KERETA KERJASAMA DENGAN KBJ DAN B4T

PT Indo Bintang Mandiri Bekerja sama dengan B4T dan KBJ dalam hal pengadaan brake shoe komposit untuk pengadaan di KAI.

Kami mengadakan uji coba dengan KAI dengan menggunakan jarak menengah dengan pemakaian 3 x PP dalam sehari dalam waktu 3 bulan ...dari hasil pengamatan dalam 1 bulan atau sekitar 24000 km pemakaian tebal kampas rem berkurang 5 mm.

Kita akan melakukkan pengecgheckan di bulan kedua.


More

PENYEBAB KAMPAS REM CEPET HABIS


Liputan6.com, Jakarta - Kampas rem adalah komponen yang sering terlupakan kondisinya. Biasanya pemilik kendaraan baru mengecek kampas rem saat berbunyi. Padahal kampas rem berbunyi menandakan ada permasalahan, dan mungkin sudah terlambat untuk sekedar mengganti kampas rem saja.

Saat ini tersedia berbagai macam kampas rem di pasaran, baik asli bawaan motor maupun yang KW. Pilihlah kampas rem yang memiliki spesifikasi minimal sama dengan bawaan pabrikan atau bahkan yang di atasnya.


Spesifikasi kampas rem dapat dilihat dari kode koefisen geseknya. Misalnya bawaan pabrikan memiliki kode FF, maka sebaiknya pilih kampas rem dengan kode yang sama atau GG yang memiliki koefisien gesek yang lebih tinggi lagi.

Namun seringkali kampas rem habis sebelum waktunya. Mau tidak mau pengendara harus merogoh kocek kembali untuk membeli kampas rem yang baru. Menurut Yopi Sopyan dari Indo Bintang Mandiri selaku produsen ABrake, ada beberapa faktor kampas rem cepat habis dari semestinya. Hal ini lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal.

Faktor pertama adalah piston rem macet dan tidak mau balik, sehingga rem terus bergesekan dengan rotor atau piringan cakram.


Selanjutnya adalah kebiasaan menginjak atau menarik pedal rem namun gas tetap digantung atau istilahnya rem gantung.

Perhatikan permukaan dari rotor, apabila permukaan rotor tidak rata maka sebaiknya permukaan rotor digerinda terlebih dahulu, karena permukaan rotor yang terlalu kasar akan mempercepat keausan dari kampas rem.

“Kesalahan yang berikutnya adalah salah memilih kualitas kampas rem. Misalnya memilih rem berbahan asbes yang umumnya lebih lunak, nah ini yang bisa kampas rem cepat habis juga,” terang Yopi.

Lebih lanjut dijelaskan, kampas rem yang sudah habis dan bergesekan dengan cakram tidak menjadi sebab pasti rem terkunci, kecuali piringan cakram tidak rata atau bengkok, sehingga memuai akibat panas gesekan, inilah yang menjadi salah satu hal terkuncinya rem.

“Pada umumnya, pabrikan sudah merancang kaliper dan piston serta volume minyak rem sedemikian rupa agar hal tersebut tidak terjadi. Artinya ketika rem sudah habis, posisi piston dirancang di posisi maksimal agar tidak menekan kampas rem lebih jauh lagi, sehingga terhindar dari rem yang terkunci. Begitu pun dengan volume minyak rem, saat rem habis, minyak rem akan turun, sehingga tidak bisa lagi mendorong piston rem,” papar Yopi.

Begitu juga ketika motor sering melewati jalan berpasir dan berlumpur tidak sepenuhnya menjadi penyebab kampas rem cepat habis atau terkunci. Artinya selama butiran pasir tersebut tidak masuk dan merusak seal piston pada kaliper, kampas rem akan tetap bekerja dengan baik.

“Pada saat rem "release", butiran pasir yang menempel pada rem akan lepas, sehingga tidak merusak rem,” tutup Yopi.

Reporter : Nazzarudin Ray

Sumber : Otosia.com





More

DICARI DISTRIBUTOR KAMPAS REM MOBIL A-BRAKES

PT INDO BINTANG MANDIRI MENCARI DISTRIBUTOR / AGEN UNTUK KAMPAS REM MOBIL BERQUALITAS ORI HARGA AFTER MARKET. BANYAK KEUNTUNGAN SEBAGAI DISTRIBUTOR , PRODUK KAMI BERGARANSI
More

DICARI DISTRIBUTOR KAMPAS REM MOTOR A-BRAKES

KAMI MENCARI DISTRIBUTOR A-BRAKES , KAMPAS REM NON ASBESTOS BERQUALITAS ORI HARGA AFTER MARKET
More

DICARI DISTRIBUTOR UNTUK ABRAKE

JANGAN NGAKU BIKERS KALAU NGGA PAKAI A-BRAKE
More

INDO BINTANG MANDIRI HADIR DI INAPA 22-24 MARET 2018

Kami akan turut serta dalam eksibisi INAPA 2018 yang diselenggarakan tanggal 22 sd 24 Maret 2018, kami akan memamerkan produk produk andalan kami, mulai dari kampas rem motor sampai dengan kampas rem kereta.

Produk kami sudah di uji dengan standard uji SAE J-661.dan terbuat dengan material berkualitas tinggi sehingga produk kami bisa di setarakan dengan kampas rem original .


"HOW FAST CAN YOU STOP, WE CAN DO MORE'


More

SATU SATUNYA PABRIKAN KAMPAS REM AFTER MARKET YANG MEMILIKI CHASE TESTER

PT Indo Bintang Mandiri , merupakan satu satunya yang memiliki alat testing ini

chase teter

More

KAMPAS REM BAGAIMANA CARA MEMILIHNYA?

More