Cara Cek Kualitas Kampas Rem Anda

Seringkali kita membeli kampas rem hanya karena brand atau kata kata genuine, karena kadang kadang kita hanya beli mereknya saja padahal masalah kuallitas belum tentu bagus juga. Jadi untuk jaga jaga agar tidak tertipu ada beberapa tips untuk memilih kampas rem yang benar, karena kadang kadang kita secara ngga sadar (atau bahkan tidak tahu) kemasan box nya genuine ternyata isinya adalah kampas rem buatan china, nah ketika kita complain jadi susah. Berikut tips & trick mengetahui kualitas kampas rem secara mudah :

1. Hadapkan permukaan kampas rem, kemudian tempelkan dan tekan , check apakah ada celah diantara kedua permukaan pad tersebut? kalau ada berarti kampas rem tidak akan menempel secara sempurna pada rotor, dan pergerakan plat besi akan terhambat ketika sliding.
2. Apakah warna dari kampas rem , kalau warnanya muda/cerah terus ada serat asbesnya berarti material tersebut sudah dipastikan bahwa kampas rem itu asbes karena banyak kampas rem yang beredar hanya labelnya aja yang free abestos sedang kampas remnya asbestos.Kampas rem non asbestos cenderung berwarna hitam dan gelap.
3. Pilih lah kampas rem yang memiliki material yang seragam (ukuran material) , jangan pilih kampas rem yang kelihatan ukuran tembaganya besar besar dan tidak sama karena akan mengakibatkan rotor anda tergores/termakan dan tidak rata, bayangkan kalau kita pakai amplas yang permukaan amplasnya tidak rata?

Dengan cara diatas maka kita tidak membeli product karena brand lagi, tapi karena kualitas, ingat kampas rem merupakan spare part yang sangat vital, jadi perhatikan kuallitasnya, salah pilih kampas rem maka nyawa kita yang jadi taruhannya.

Related Post

UJI COBA KAMPAS REM KERETA KERJASAMA DENGAN KBJ DAN B4T

PT Indo Bintang Mandiri Bekerja sama dengan B4T dan KBJ dalam hal pengadaan brake shoe komposit untuk pengadaan di KAI.

Kami mengadakan uji coba dengan KAI dengan menggunakan jarak menengah dengan pemakaian 3 x PP dalam sehari dalam waktu 3 bulan ...dari hasil pengamatan dalam 1 bulan atau sekitar 24000 km pemakaian tebal kampas rem berkurang 5 mm.

Kita akan melakukkan pengecgheckan di bulan kedua.


More

PENYEBAB KAMPAS REM CEPET HABIS


Liputan6.com, Jakarta - Kampas rem adalah komponen yang sering terlupakan kondisinya. Biasanya pemilik kendaraan baru mengecek kampas rem saat berbunyi. Padahal kampas rem berbunyi menandakan ada permasalahan, dan mungkin sudah terlambat untuk sekedar mengganti kampas rem saja.

Saat ini tersedia berbagai macam kampas rem di pasaran, baik asli bawaan motor maupun yang KW. Pilihlah kampas rem yang memiliki spesifikasi minimal sama dengan bawaan pabrikan atau bahkan yang di atasnya.


Spesifikasi kampas rem dapat dilihat dari kode koefisen geseknya. Misalnya bawaan pabrikan memiliki kode FF, maka sebaiknya pilih kampas rem dengan kode yang sama atau GG yang memiliki koefisien gesek yang lebih tinggi lagi.

Namun seringkali kampas rem habis sebelum waktunya. Mau tidak mau pengendara harus merogoh kocek kembali untuk membeli kampas rem yang baru. Menurut Yopi Sopyan dari Indo Bintang Mandiri selaku produsen ABrake, ada beberapa faktor kampas rem cepat habis dari semestinya. Hal ini lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal.

Faktor pertama adalah piston rem macet dan tidak mau balik, sehingga rem terus bergesekan dengan rotor atau piringan cakram.


Selanjutnya adalah kebiasaan menginjak atau menarik pedal rem namun gas tetap digantung atau istilahnya rem gantung.

Perhatikan permukaan dari rotor, apabila permukaan rotor tidak rata maka sebaiknya permukaan rotor digerinda terlebih dahulu, karena permukaan rotor yang terlalu kasar akan mempercepat keausan dari kampas rem.

“Kesalahan yang berikutnya adalah salah memilih kualitas kampas rem. Misalnya memilih rem berbahan asbes yang umumnya lebih lunak, nah ini yang bisa kampas rem cepat habis juga,” terang Yopi.

Lebih lanjut dijelaskan, kampas rem yang sudah habis dan bergesekan dengan cakram tidak menjadi sebab pasti rem terkunci, kecuali piringan cakram tidak rata atau bengkok, sehingga memuai akibat panas gesekan, inilah yang menjadi salah satu hal terkuncinya rem.

“Pada umumnya, pabrikan sudah merancang kaliper dan piston serta volume minyak rem sedemikian rupa agar hal tersebut tidak terjadi. Artinya ketika rem sudah habis, posisi piston dirancang di posisi maksimal agar tidak menekan kampas rem lebih jauh lagi, sehingga terhindar dari rem yang terkunci. Begitu pun dengan volume minyak rem, saat rem habis, minyak rem akan turun, sehingga tidak bisa lagi mendorong piston rem,” papar Yopi.

Begitu juga ketika motor sering melewati jalan berpasir dan berlumpur tidak sepenuhnya menjadi penyebab kampas rem cepat habis atau terkunci. Artinya selama butiran pasir tersebut tidak masuk dan merusak seal piston pada kaliper, kampas rem akan tetap bekerja dengan baik.

“Pada saat rem "release", butiran pasir yang menempel pada rem akan lepas, sehingga tidak merusak rem,” tutup Yopi.

Reporter : Nazzarudin Ray

Sumber : Otosia.com





More

DICARI DISTRIBUTOR KAMPAS REM MOBIL A-BRAKES

PT INDO BINTANG MANDIRI MENCARI DISTRIBUTOR / AGEN UNTUK KAMPAS REM MOBIL BERQUALITAS ORI HARGA AFTER MARKET. BANYAK KEUNTUNGAN SEBAGAI DISTRIBUTOR , PRODUK KAMI BERGARANSI
More

DICARI DISTRIBUTOR KAMPAS REM MOTOR A-BRAKES

KAMI MENCARI DISTRIBUTOR A-BRAKES , KAMPAS REM NON ASBESTOS BERQUALITAS ORI HARGA AFTER MARKET
More

DICARI DISTRIBUTOR UNTUK ABRAKE

JANGAN NGAKU BIKERS KALAU NGGA PAKAI A-BRAKE
More

INDO BINTANG MANDIRI HADIR DI INAPA 22-24 MARET 2018

Kami akan turut serta dalam eksibisi INAPA 2018 yang diselenggarakan tanggal 22 sd 24 Maret 2018, kami akan memamerkan produk produk andalan kami, mulai dari kampas rem motor sampai dengan kampas rem kereta.

Produk kami sudah di uji dengan standard uji SAE J-661.dan terbuat dengan material berkualitas tinggi sehingga produk kami bisa di setarakan dengan kampas rem original .


"HOW FAST CAN YOU STOP, WE CAN DO MORE'


More

SATU SATUNYA PABRIKAN KAMPAS REM AFTER MARKET YANG MEMILIKI CHASE TESTER

PT Indo Bintang Mandiri , merupakan satu satunya yang memiliki alat testing ini

chase teter

More

KAMPAS REM BAGAIMANA CARA MEMILIHNYA?

More